Kunci Sukses Karyawan Pandai Berbahasa Inggris: Practice Makes Perfect!

Ketika mempelajari bahasa kita sendiri, pertama kita mendengarkan, kemudian melafalkan atau mengucapkannya. Setelahnya, kita belajar membaca dan menuliskannya. Tahapannya adalah mendengarkan, mengucapkan, membaca dan menulis. Bagaimana dengan pembelajaran bahasa Inggris? Sama! Untuk praktisnya, pertama kita mendengarkan (listening), baru kemudian kita berbicara (speaking). Setelah itu, baru kamu bisa fokus pada keterampilan membaca (reading) dan menulis (writing).

Sering-seringlah berinteraksi dengan lingkungan berbahasa Inggris, dengan demikian kamu akan banyak mendengarkan kalimat-kalimat dalam bahasa ini. Nah, bagaimana caranya agar kita bisa mendapatkan lingkungan berbahasa Inggris? Mau tidak mau, kamu harus kursus Inggris bagi karyawan. Ya, kelas karyawan bagi kamu yang sedang mempersiapkan lamaran kerja dan berniat menambah keterampilan bahasa Inggris.

Khusus kamu yang berlokasi di area Jawa timur, kamu bisa mencari tempat kursus bahasa Inggris di Surabaya yang terbaik untuk hasil memuaskan. Namun, sesungguhnya, belajar di tempat kursus saja tidak cukup. Karena, keterampilan listening dan reading itu reseptif, namun memerlukan jam terbang tinggi. Meluangkan waktu satu, dua jam saja tidak akan cukup. Kuncinya, kamu harus mengelilingi diri dengan bahasa Inggris. Buatlah bahasa Inggris menjadi bagian dalam hidup. Gunakan dan dengarkan bahasa Inggris di tempat kerja, di rumah, dan diwaktu senggang kamu.

Practice makes perfect.

Selalu latihan dan latihan. Untuk latihan listening kamu bisa gunakan cara ini. Dengarkan musik berbahasa Inggris di mana pun dan kapan pun. Pilih penyanyi dan jenis musik favorit kamu, yang terpenting menggunakan lirik bahasa Inggris.

Diwaktu senggang, tonton film, serial TV, berita, hiburan, atau dengarkan siaran radio yang semuanya berbahasa Inggris. Lebih baik lagi bila kamu menonton film melalui DVD. Dengan DVD kamu bisa membaca subtitle-nya. Bila sudah merasa paham dengan dialog-dialog dalam film tersebut, kamu bisa hilangkan subtitle dan coba kembali nikmati film tersebut.

Cara Latihan Speaking.

Setelah sering berlatih listening, sekarang saatnya berbicara. Caranya, bergabunglah dengan voiced chats. Temukan chat-room, lalu jadilah anggota. Selain bisa berkawan dengan banyak orang, kamu juga bisa melatih keterampilan speaking. Menyenangkan!

Jika merasa bicara bertatap muka lebih mengasyikkan, maka manfaatkan tutor native speaker kamu di tempat kursus bahasa Inggris bagi karyawan. Ajak ia mengobrol. Atau, manfaatkan teman-teman sekelas. Buat aturan baru, yaitu, di dalam kelas harus selalu berbicara dalam bahasa Inggris. Bagaimana, menarik bukan?

Kolom Komentar

Komentar

About the Author